Bikin Perut Kempis Maksimal, Ini Manfaat Gerakan 'Yoga Alien' Nauli Kriya

ADVERTISEMENT

Bikin Perut Kempis Maksimal, Ini Manfaat Gerakan 'Yoga Alien' Nauli Kriya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 16 Sep 2022 20:47 WIB
Close up of athletic woman doing stomach vacuum exercise, nauli wave for  activating deep abdominal muscles, strengthening obliques and deep core muscles.  Active lifestyles, working out, fitness concept
Gerakan 'yoga alien' nauli kriya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tgordievskaya)
Jakarta -

Nauli kriya merupakan gerakan yoga yang belakangan menjadi perbincangan di media sosial TikTok. Netizen menjadi penasaran dan tak sedikit yang mempertanyakan keamanan gerakan yoga ini.

Nauli kriya dilakukan dengan posisi yang agak membungkuk, dengan perut yang dikempiskan dan digerakkan ke kiri dan ke kanan. Tak sedikit yang menyebut gerakan ini sebagai 'yoga alien' karena perut yang dikempiskan disebut mirip seperti wajah alien.

Menurut instruktur yoga Astrid Amalia, gerakan nauli kriya bisa dilakukan dengan aman pada level basic. Ia juga menyatakan gerakan nauli kriya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan memperkuat otot.

"Pada level basic yang mudah dan gampang dimengerti orang dilakukan dengan mengencangkan seluruh perut dan merilekskan perut. Setiap orang bisa melakukannya karena sangat mudah," ujarnya dihubungi detikcom, Kamis (15/9/2022).

"Nauli kriya juga dilakukan untuk memijat perut dan organ di sekitarnya agar proses pencernaan selalu lancar. Proses pencernaan yang terhambat akan membuat kita tidak sehat," sambungnya.

Sementara itu, dokter spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto SpKO dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, menyatakan belum bisa memastikan manfaat gerakan nauli kriya pada pencernaan. Namun menurutnya, memang gerakan tertentu bisa merangsang organ usus untuk memberikan respons yang lebih baik.

"Bukti ilmiahnya kita sulit kita cari karena ini spesifik sekali. Tapi prinsip dasarnya otot perut menutupi daerah abdomen, kalo dia di bawah otot perut tadi ada apa? Usus kan, nah tadi dan digerakan tentu saja akan merangsang usus," jelasnya pada detikcom, Kamis (15/9).

"Ini bisa dijelaskan dalam prosedur medis. Misal habis operasi usus buntu kan tidak boleh makan sebelum kentut, nah kita suruh pasien yang terbaring melakukan gerakan seperti mengayuh sepeda agar bisa kentut. Karena apa? Ya gerakan tadi merangsang usus. Jadi misal dibilang gerakan ini bisa merangsang pencernaan? Ya mungkin saja," sambungnya.

NEXT: Manfaat pada otot perut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT