feed
Konsultasi Anak
dr. Aditya Suryansyah Sp.A
Jumat, 02 Okt 2009 10:20 WIB

Benjolan di Kepala Pada Bayi

Jakarta -

Selamat siang dokter, putri saya Sammy memiliki benjolan kecil sebesar kacang kedele di belakang telinga sebelah kiri dan kepala belakang sebelah kiri dari usia 6 bulan, tapi tidak membesar. Kira-kira itu apa ya dok? Apakah karena kelenjar tertentu atau karena makanan? Saya sangat mengharapkan penjelasan dokter. Terima kasih atas bantuannya.

Eka Oktavia R, eka1110@yahoo.com


Jawaban

Benjonan kecil pada belakang telinga sering ditemukan pada bayi, kebanyakan karena pembesaran kelenjar limfe. Kelenjar limfe berguna sebagai salah satu perlindungan tubuh. Bila ada bakteri atau virus masuk, maka kelenjar limfe bekerja untuk menetralisir pengaruh bakteri atau virus, dan kelenjar limfe akan membesar.

Jika jumlahnya hanya satu atau dua dan tidak membesar seperti yang ibu ceritakan, ibu tidak perlu kawatir. Bila jumlah bertambah banyak atau membesar perlu waspada, apakah ada keganasan atau infeksi kronik.

Kebanyakan pembesaran kelenjar limfe yang relatif cepat dan bertambah banyak berhubungan dengan penyakit kronik(yang tersering TBC), sehingga perlu pemeriksaan uji mantoux untuk membuktikan apakah ada infeksi TBC. Jika demikian sebaiknya dibawa ke dokter anak untuk memastikan.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856

(ir/ir)
News Feed