feed
Konsultasi Kesehatan
Konsultasi Anak
Rabu, 30 Mei 2012 14:36 WIB

Apakah Anak Saya Obesitas?

(Foto: Thinkstock) (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Dok, anak saya usianya 7,5 tahun tapi berat badannya sudah mencapai 33 Kg. Saya sudah mulai melakukan sedikit program diet dengan mengurangi asupan nasi. Pertanyaan saya, apakah anak saya sudah tergolong obsitas dok? Jika iya, bagaimana cara mengurangi berat badannya? Terimakasih.

Yunita (Perempuan Menikah, 28 tahun), itaXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 156 Cm, Berat Badan 48 Kg

Jawaban

Obesitas adalah kelebihan berat badan (yang disebabkan oleh timbunan lemak) dan bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Obesitas dapat diketahui dengan mengukur Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT).

BMI dapat dihitung dari berat badan (kg) dan tinggi badan (m). Rumus BMI = BB / (TB)2. Hasil BMI tersebut harus disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin, dengan cara melihat pada grafik.

Perhitungan apakah anak termasuk obesitas atau tidak baiknya membandingkan berat badan terhadap tinggi badan dan juga disertakan jenis kelamin anak Ibu. Akan tetapi karena data tinggi badan anak ibu tidak dicantumkan sehingga memakai perbandingan berat badan terhadap umur anak Ibu termasuk kategori obesitas.

Cara mengurangi berat badan pada anak dengan obesitas bisa dimulai dengan perubahan pola makan, salah satunya adalah mulailah mengurangi minuman dengan pemanis tambahan.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.

(ver/ir)
News Feed