feed
Konsultasi Kesehatan
Konsultasi Anak
Kamis, 10 Nov 2016 12:35 WIB

Balita 17 Bulan Sering Buang Air Kecil Hingga Tidurnya Tak Tenang

Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Dok, anak saya laki-laki umur 17 bulan, sudah 1 minggu lebih saya ajari dia untuk lepas diapers. 4 Hari pertama masih wajar, pipis 2 kali dari malam sampai pagi. Tapi setelah 4 hari kok anak saya pipis bisa lebih dari 3 kali sepanjang malam, sampai anak saya terganggu tidurnya, karena kebangun mau pipis.

Terus pas pipis seperti tidak tuntas karena penisnya tidak langsung menciut setelah pipis, apakah ini wajar? Apakah ini disebut anyang-anyangan? Kasihan Dok, tidurnya jadi tidak tenang.

Apakah pengaruh obat atau vitamin, karena sudah hampir 2 minggu anak saya dikasih vitamin penambah nafsu makan dan minum obat anti alergi? Sejak minum vitamin penambah nafsu makan, anak saya jadi doyan makannya. Atau karena kebanyakan minum susu? Tapi minum air putihnya kurang. Bagaimana ya Dok, mohon bantuan dan sarannya. Terimakasih.

Yoanna (Wanita, 31 tahun)

Jawaban

Terimakasih atas pertanyaannya. Buang air kecil (BAK) berulang bisa disebabkan minum yang banyak, atau bila disertai demam kemungkinan ada infeksi di saluran kencing. Dapat juga karena ada rangsangan dari luar terutama dingin. Segera konsultasikan ke dokter keluarga.

dr. Firmansyah, SpA
Spesialis Anak di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com (hrn/vit)
News Feed