Senin, 08 Agu 2011 10:23 WIB

Menghilangkan Luka Bekas Caesar

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jakarta - Dok, istri saya baru operasi caesar anak yang ke-2, karena operasi yang pertama sayatannya dari atas ke bawah atau vertikal, maka operasi yang kedua juga dari atas ke bawah. Seminggu setelah operasi luka tersebut sudah kering dan untuk menghindari terjadinya keloid maka istri saya menggunakan obat anti keloid yang disarankan oleh dokter yang melakukan operasi tersebut. Tapi baru sehari menggunakan anti keloid muncul luka dan mengeluarkan cairan bening kadang bercampur darah.

Setelah kami konsultasikan dengan dokter katanya obat anti keloid harus dihentikan dan istri saya kekurangan protein dan harus makan telur minimal 3 butir sehari atau 300 gram daging sehari. Istri saya coba ikutin saran tersebut, tapi beberapa hari kemudian luka baru muncul lagi di tempat berbeda pada luka bekas sayatan. Yang satu kering kemudian muncul lagi luka yang lain. Sampai dengan 2,5 bulan luka itu masih timbul. Selama ini luka tersebut kami beri obat serbuk kalau tidak salah nebalsevin. Kalau memang terjadi infeksi harusnya istri saya demam dan bahkan lukanya pasti keluar nanah, tapi ini tidak.

Mohon saran, apa yang harus saya lakukan agar istri saya bisa sembuh seperti sedia kala? Terimakasih. Salam.

Budi (Pria Menikah, 37 Tahun), budi.XXX@gmail.com
Tinggi Badan 168 cm dan Berat Badan 77 kg

Jawaban

Proses penyembuhan luka operasi umumnya terjadi sampai dengan 6 bulan. Namun dalam kasus isteri Bapak, penutupan jaringan bekas luka operasi dapat tertunda karena kadar albumin atau protein yang rendah dalam darah.

Penggunaan serbuk bubuk biasanya apabila terdapat infeksi. Oleh karena itu harus diketahui apakah memang terjadi infeksi pada luka operasi tersebut, adakah kemerahan pada jaringan tersebut, bagaimana kondisi sekitar luka operasi apakah keras, lunak atau kistik. Bagaimana produksi cairan tersebut berkurang, tetap atau bertambah? Harus dinilai apakah cairan yang keluar adalah cairan limf atau hanya serum saja.

Infeksi lokal belum tentu membuat badan menjadi demam. Bagaimana kadar albumin selama ini setelah 2,5 bulan mengonsumsi putih telor 3 butir sehari? Adakah peningkatan kadar albumin tersebut? Sebaiknya isteri Bapak berkonsultasi ke dokter bedah plastik untuk dilakukan penilaian terhadap proses penyembuhan luka operasi tersebut.

Dr. Vera Ikasari, Sp.BP
Dokter Spesialis Bedah Plastik, praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.



(mer/ir)
News Feed