feed
Konsultasi Kesehatan
Konsultasi Bedah
Selasa, 13 Mar 2012 10:28 WIB

Perut Terasa Penuh dan Susah BAB Akibat Nyeri Ulu Hati

Ilustrasi (dok: Thinkstock) Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta -

Dokter, saya sering merasakan sakit di ulu hati disertai dengan perut terasa panas, mual dan nyeri di lambung, dan sudah 1 minggu ini saya susah BAB dan juga perut terasa penuh meskipun hanya makan sedikit, dan juga perut terasa kembung. Gejala apa ini dok?

Terimakasih dokter, jawaban dari dokter nanti akan membantu saya.

Hidayatus Sholihah (Perempuan Lajang, 22 tahun), shollihXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 155 cm dan Berat Badan 50 kg

Jawaban:

Nyeri lambung atau tepatnya nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh banyak hal baik yang berasal dari lambung dan masih banyak penyebab lain di luar lambung. Paling sering dalam praktik yang saya temukan, nyeri ulu hati sering disebabkan kelainan pada lambung, gejala awal dari radang usus buntu (appendisitis) maupun kelinan saluran empedu dan paling banyak adalah batu kantong empedu (kolesistolitiasis).

Ketiganya bila disertai peradangan akan diikuti demam, dan bila lebih berat akan terjadi kembung namun kesulitan buang air besar lebih sering disebabkan oleh kelainan appendisitis dan kolesistolitiasis yang disertai peradangan atau infeksi yang lebih berat. Peradangan ini akan membuat gangguan gerakan usus yang berada di depannya (proksimal) atau di dekatnya sehingga udara maupun isi makanan di dalam usus susah lewat (segmental paralitik).

Sebaiknya Anda berobat ke dokter yang mendalami sauran cerna baik dokter penyakit dalam maupun dokter bedah, agar secepatnya ditemukan kelainan yang menjadi penyebab keluhan Anda.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

(ir/up)
News Feed