feed
Konsultasi Genetika
Dr. Teguh Haryo Sasongko. MD. PhD
Senin, 24 Jun 2013 16:59 WIB

Kenapa Bayi Ikut Golongan Darah Bapak dan Bukan Ibunya?

Ilustrasi (Foto: thinkstock) Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Dok, saya ingin tanya masalah genetik. Mengapa bayi ikut golongan darah bapaknya, kenapa tidak ikut golonangan darah ibu? Sedangkan pernah saya baca itu pada janin kan peredaran darahnya bergantung pada ibunya dikarenakan organ si janin belum berfungsi secara maksimal. Terimakasih

Syarief (Pria lajang, 23 tahun)
syariefXXXXX@ymail.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 50 kg

Jawaban

Golongan darah pada dasarnya selalu ditentukan oleh kombinasi antara bapak dan ibu. Saya pernah menjelaskan mengenai bagaimana golongan darah diwariskan dari kedua orang tua kepada anaknya di 'Orang tua golongan darah B, kenapa anaknya O ?'.

Jika misalnya si bapak memiliki golongan darah A dan si ibu memiliki golongan darah O. Si ayah dengan golongan darah A memiliki Allele AA, sementara si ibu memiliki Allele OO. Dalam situasi ini, semua anaknya akan mewarisi Allele AO. Manusia dengan Allele AO akan membawa antigen A dalam sel darah merahnya. Artinya, ia bergolongan darah A. Dalam situasi ini tampak bahwa seolah-olah golongan darah si anak mengikuti bapak, padalah sebenarnya ia adalah kombinasi Allele golongan darah dari bapak dan ibu.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.




(hrn/vta)
News Feed