Leona Victoria Djajadi
Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.
Senin, 03 Jun 2013 14:27 WIB

Makanan untuk Bayi 9 Bulan yang Susah BAB

Ilustrasi (Foto: thinkstock) Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Makanan apa yang perlu dikonsumsi bayi 9 bulan saat mengalami susah BAB? Pernah saya beri jus alpukat, tapi tidak ada perubahan. Terimakasih.

Desti (Perempuan menikah, 26 tahun) ariestya_XXXXX@yahoo.co.id Tinggi badan 160 cm, berat badan 65 kg

Jawaban

Halo Desti,

Selamat ya atas kelahiran bayinya. Tidak BAB sampai 4-5 hari masih bisa dibilang normal terutama jika ASI dan masih lebih banyak ASI dibanding makanan padatnya. Jika bukan ini kondisinya, saran saya:

- Minum air sering-sering - Kasih jus prune (prune juice) yang dilarutkan 1:1 dengan air - ini jenis jus yang paling efektif untuk mengatasi konstipasi - 'Stimulasi' lubang anus (bisa dengan memasukkan jari yang sudah dilumuri minyak) untuk re-start gerakan otot anus

Leona Victoria Djajadi MND

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Follow twitter @Leona_victoria.

(hrn/vta)
News Feed