Leona Victoria Djajadi
Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.
Kamis, 24 Mar 2016 10:09 WIB

Cara Tingkatkan Nafsu Makan Agar Berat Badan Bertambah

Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Selamat pagi Mbak, saya ingin bertanya, kenapa berat badan saya kian lama kian menurun hingga dibilang kurus? Dari yang tadinya 55 kg sekarang jadi 40 kg. Saya juga kehilangan selera dan nafsu makan Mbak. Bagaimana mengembalikan berat badan saya dan meningkatkan kembali nafsu makan saya? Terimakasih.

Windi (wanita, 26 tahun)
azurakaniaXXXX@yahoo.co.id
Tinggi 165 cm, berat 40 kg

Jawaban

Halo Windi,

Biasanya nafsu makan berkaitan erat dengan kondisi psikologis dan juga fisik. Kondisi psikologis misalnya stres namun juga bisa ke eating disorder. Kondisi fisik misalnya ada underlying kondisi medis yang tidak terdeteksi, seperti anemia, celiac disease dan lactose intolerance.

Kondisi fisik yang saya sebutkan, jika tidak terdeteksi secara dini, bisa membuat sel-sel usus terluka dan rusak sehingga penyerapan nutrisi tidak efisien dan salah satu symptom-nya adalah berkurangnya berat badan, lemas dan lesu juga gangguan pencernaan (kembung, diare).
 
Jadi saran saya adalah Windi coba untuk seminggu ke depan mencatat/mengingat makanan apa saja yang dimakan dan apakah ada gejala-gejala seperti di atas. Juga boleh cek anemia di laboratorium.

Jika sudah ada hasil, kita bisa memberikan saran sesuai hasil tersebut. Jika memang ada anemia/ celiac/ lactose intolerance maka saran diet akan disesuaikan. Jika tidak ada maka akan dilihat pola makan yang ada sekarang. Untuk berkonsultasi lebih lanjut bisa menghubungi saya. Terimakasih.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria. (hrn/vit)
News Feed