Leona Victoria Djajadi
Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.
Jumat, 22 Apr 2016 18:20 WIB

Waktu Terbaik Bercinta Usai Istri Melahirkan

Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Dear dr Andri. Saya bahagia sekali karena baru saja menjadi ayah. Istri saya melahirkan sebulan lalu secara normal. Dok, kapan waktu terbaik kami bisa berhubungan intim lagi ya? Apalagi istri saya sering terlihat kelelahan karena harus mengurus rumah dan bayi.

Kalau melahirkan secara normal, kapan kondisi vagina sudah membaik seperti sebelumnya Dok? Apakah ada pengaruh antara melahirkan secara normal dengan 'performa' vagina Dok?

Rizal (Pria, 30 tahun)
Rizal_imXXXX@yahoo.com
Tinggi 171 cm, berat 80 kg

Jawaban

Pertama, selamat kepada Anda dan istri yang dikaruniai momongan. Kondisi dinding vagina pasca persalinan normal (bukan sectio cessaria), akan pulih seperti semula dalam 2-4 minggu. Lakukanlah hubungan intim saat Anda dan istri bugar, dalam suasana tenang, tidak terganggu rutinitas perawatan bayi yang baru lahir.

Awali selalu dengan foreplay yang cukup, hingga lubrikasi (pelendiran) vagina istri Anda optimal, menjelang bersanggama.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta. (hrn/vit)
News Feed