Leona Victoria Djajadi
Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.
Sabtu, 25 Mar 2017 11:16 WIB

Menghitung Kalori yang Tepat untuk Menambah Bobot

Ilustrasi kurus (Foto: iStock) Ilustrasi kurus (Foto: iStock)
Jakarta - Usia saya 21 dan berat badan saya 53 kg, saya menilai berat badan saya tidak ideal dengan tinggi badan dan terlihat lebih kurus. Bagaimana saya menambah berat badan? Saya tidak tahu bagaimana menentukan jumlah kalori untuk makan yang baik, apakah ada patokan untuk mengukur kalori yang dimakan? Terimakasih.

Asep (Laki-laki, 23 tahun)

Jawaban

Hai Asep,
Untuk mengukur kalori makanan ada 2 info yang perlu kamu catat
- Jenis makanan (termasuk cara memasak karena beda cara masak, beda kalorinya. Contoh yang digoreng tentu akan lebih tinggi kalori dibanding yang dikukus)
- Jumlah makanan (1 mangkok? atau dalam gram pakai timbangan)

Untuk memudahkannya juga bisa memakai mobile apps karena banyak calori counter apps untuk handphone. Biasanya sebelum memulai juga ditanyakan apakah mau weight loss atau weight gain, lalu akan disarankan berapa kalori/hari yang sebaiknya dikonsumsi.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria. (hrn/vit)
News Feed