dr. Michael Triangto SpKO
Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Michael Triangto SpKO
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jaya
Selasa, 11 Agu 2015 14:53 WIB

Bolehkah Fitness di Usia 40-an?

Ilustrasi: Thinkstock Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Usia saya 42 tahun, yang saya tanyakan, saya ingin olahraga fitness biar saya lebih segar dan sehat. Apakah masih boleh saya ikut olahraga fitness? Terimakasih Dokter Michael.

Aschari (Pria, 42 tahun)
azharyaXXXXX@gmail.com
Tinggi 177 cm, berat 65 kg

Jawaban

Berlatih fitness tentunya boleh saja namun Aschari harus menentukan terlebih dahulu tujuan dari latihan itu. Bila untuk kesehatan maka berbagai parameter kesehatan harus digunakan misalnya berat badan, tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah dan sebagainya. Selain itu sesuaikan dengan tingkat kesehatan dan kemampuan tubuh saat ini.

Baru-baru ini seorang yang berusia 70 tahun menunjukkan pada saya bahwa ia masih mampu untuk melakukan push up horizontal dengan tehnik yang sempurna dan hal itu terjadi karena latihan tersebut sudah dilakukan selama 40 tahun terakhir hidupnya.

Dengan kata lain sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan kita dan jangan berolahraga mengikuti program latihan orang lain karena kemampuan kita itu adalah gabungan dari berbagai hal yang kompleks.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)

(hrn/vit)
News Feed