dr. Michael Triangto SpKO
Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Michael Triangto SpKO
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jaya
Rabu, 05 Apr 2017 13:36 WIB

Olahraga yang Cocok untuk Orang dengan Sakit Punggung Kambuhan

Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Halo selamat siang Dok. Saya mengalami sakit punggung akibat kecelakaan beberapa tahun lalu namun hal tersebut hanya muncul di saat-saat tertentu Dok. Nah, misalnya seperti ketika berolahraga. Jadi kira-kira olahraga apa yang cocok untuk saya Dok? Saya menyukai olahraga basket dan lari Dok. Bagaimana cara mengatasinya Dok? Terimakasih.

Ainun (Laki-laki, 24 tahun)

Jawaban

Dear Mas Ainun,

Bila Anda mengalami kecelakaan yang berakibat nyeri punggung yang berkepanjangan sebaiknya memeriksakan terlebih dahulu ke dokter terdekat agar bila dapat diantisipasi bilamana terjadi pindah tempat/dislokasi, retak maupun patah pada tulang.

Bila hasilnya baik maka yang perlu dilakukan adalah memperkuat otot-otot punggung dengan olahraga renang ataupun back up bagi yang tidak memungkinkan berenang.

Sedangkan olahraga lari dan basket yang Anda lakukan saat ini tidak terlalu baik untuk dilakukan dalam keadaan punggung tersebut masih sakit, namun bila sudah sembuh tentunya tidak ada laranagn untuk melakukan olahraga apapun.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI) (hrn/ajg)
News Feed