Senin, 19 Mar 2018 07:38 WIB

Kulit Memerah dan Mengelupas, karena Paparan Sinar Matahari?

Adithya Wahyu - detikHealth
Kulit memerah dan mengelupas karena sinar matahari. Foto: iStock Kulit memerah dan mengelupas karena sinar matahari. Foto: iStock
Sanggau - Pada saat saya ada acara kampus di Sanggau, Kalimantan Barat, saya selalu berjemur di tengah terik matahari. Setelah acara selesai sekitar satu minggu kemudian, tangan saya memerah dan terasa perih. Dan seminggu kemudian muncul bintik-bintik timbul di tangan kanan dan kiri. Bila digaruk, akan pecah dan kulit saya mulai mengelupas. Saya coba cuci menggunakan, air bintik itu pun timbul sedikit-sedikit. Sudah 3 hari seperti ini, mohon jawabannya. Terima kasih.

Adithya (Pria, 19 tahun)

Jawaban

Salam kenal Adithya, kulit yang muncul bintik-bintik dan mengelupas kemungkinan karena paparan sinar matahari yang keras sehingga menimbulkan terjadinya reaksi peradangan.

Kulit kadang menjadi kemerahan, kering dan mengelupas. Untuk mengatasinya dapat menggunakan krim anti radang dan pelembab yang rutin dioleskan setelah mandi. Sebaiknya tidak menggaruk-garuk kulit tangannya karena malah bisa menimbulkan iritasi. Semoga bisa membantu.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @darma181
www.skincentrebali.com (mrs/mrs)
News Feed