Dr. Andri Wanananda MS
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.
Selasa, 15 Mei 2018 19:20 WIB

Testis Bengkak Pasca Operasi Varikokel, Kenapa?

Buah zakar terasa bengkak setelah operasi varikokel. Apakah efek samping dari operasi, atau ada sebab lain? Foto: ilustrasi/thinkstock Buah zakar terasa bengkak setelah operasi varikokel. Apakah efek samping dari operasi, atau ada sebab lain? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Halo, Dok. Salam sehat. Saya sudah operasi varikokel di sebelah kiri yang dilakukan pada tanggal 23 Februari. Operasinya di lakukan dengan penyayatan di skrotum (kantung buah zakar). Katanya, ada benjolan serta cairan dan dijahit sebanyak 3 jahitan, sudah 1 bulan lebih keadaan testis bengkak dan tekstur testis terasa keras. Apakah keadaan ini efek dari operasi? Saya berumur 20 tahun. Terima kasih detikHealth.

Alvi (Pria, belum menikah, 20 tahun)

Jawaban

Pasca operasi varikokel satu bulan, seharusnya sudah terjadi pemulihan jaringan, artinya tidak boleh testis bengkak dan teksturnya teraba keras.
Disarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis bedah urologi yang melakukan operasi.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/mrs)
News Feed