dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali Instagram @darma181 www.skincentrebali.com
Rabu, 01 Mar 2017 12:15 WIB

Penyebab Jerawat Meradang dan Solusinya

Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Mau tanya Dok, saya sudah jerawatan sejak saya SMP, tetapi sekarang makin parah. Jerawatnya gatal, sakit, dan besar-besar. Juga di daerah kening sampai ke kepala (kulit kepala dekat kening) sekarang tumbuh jerawat dan seperti bruntusan.

Saya sudah pernah coba ke dokter, tetapi tidak diberikan penjelasan apa-apa hanya diberikan obat minum dan salep pagi dan malam. Saat saya pakai salepnya terasa panas jadi langsung saya stop. Bagaimana sebaiknya Dok ya? Trims.

Trisna (Perempuan, 25 tahun)

Jawaban

Pagi Trisna,

Jerawat memang banyak faktor yang menyebabkan muncul terus menerus. Faktor internal seperti hormonal, atau bahkan stres pikiran dapat merangsang produksi minyak yang dapat menimbulkan jerawat. Faktor luar seringkali berupa sumbatan karena sisa-sisa make up yang keras bersih dibersihkan maupun karena debu.

Untuk mengatasi jerawat, pencegahan dari penyebab-penyebab tadi yang perlu diutamakan agar jerawat yang sudah sembuh diobati tidak muncul lagi.

Untuk penanganan terbaik, sebaiknya ke dokter. Obat minum kadang memang dibutuhkan untuk membantu mengontrol jerawatnya. Penggunaan obat oles, kadang bisa terjadi iritasi atau terasa panas. Sebenarnya itu bukan tanda untuk menghentikan penggunaannya.

Seringkali itu karena iritasi akibat pengolesan obat yang kebanyakan. Dosis dan cara pemakaian harus dimengerti dengan benar agar hasilnya maksimal. Sebab kulit tiap orang beda-beda.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com (hrn/vit)
News Feed