dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali Instagram @darma181 www.skincentrebali.com
Jumat, 28 Apr 2017 19:03 WIB

Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saya mau tanya. Bagaimana cara menghilangkan flek hitam yang sudah menahun pada wajah. Sekarang timbul masalah baru akhir-akhir ini kulit wajah saya jadi mudah timbul jerawat.

Yanti (Perempuan, 28 tahun)

Jawaban

Flek atau istilah medisnya Melasma adalah timbunan pigmen hitam di area-area tertentu di wajah, terutama pada bagian wajah yang menonjol seperti dahi, pipi, hidung, atas bibir atau bahkan bisa menyebar ke seluruh wajah.

Flek sangat berkaitan dengan paparan sinar matahari sehingga untuk penanganannya tidak cukup dengan pengobatan untuk mengurangi flek, namun yang utama adalah pencegahannya dengan menggunakan tabit surya atau cara apapun untuk menghindari paparan sinar matahari.

Penanganan flek tergantung lokasi pigmen hitamnya bisa flek dipermukaan, perbatasan atau flek bagian kulit dalam. Untuk yang flek permukaan/dangkal biasanya berwarna coklat muda, penanganannya lebih mudah, biasanya cukup krim malam yang mengandung asan vitamin A dan whitening. Namun jika lokasinya lebih dalam kadang lebih susah, bisa menggunakan chemical peeling atau laser. Namun flek sering kambuh-kambuhan dan kadang tidak bisa hilang total.

Sedangkan kulit berjerawat karena banyak faktor, bisa hormonal atau kurang dibersihkan sisa-sisa make up atau kotoran/debu. Penyebabnya perlu dipastikan karena penanganannnya berbeda-beda.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com (hrn/vit)
News Feed