dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali Instagram @darma181 www.skincentrebali.com
Rabu, 05 Jul 2017 17:15 WIB

Solusi Memutihkan Kulit yang Gelap

Ilustrasi kulit gelap/Foto: Thinkstock Ilustrasi kulit gelap/Foto: Thinkstock
Jakarta - Dok, saya memiliki kulit yang agak hitam karena memang turunan. Tapi saya ingin memutihkannya. Apakah ada solusi Dok? Bisakah menggunakan suntik vitamin C? Terimakasih Dok.

Sonya (Perempuan, 23 tahun)

Jawaban

Salam kenal Sonya,

Warna kulit tiap orang ditentukan oleh jumlah pigmen melanin yang berada di kulitnya. Jadi terdapat beberapa cara untuk mengurangi densitas pigmen di kulit.

Yang pertama menggunakan perawatan topikal, dapat menggunakan krim yang mengandung bahan aktif yang mengandung bahan-bahan pemutih seperti arbutin, glutatione untul perawatan di rumah. Atau bisa juga menggunakan perawatan chemical peeling atau laser untuk mengurangi pigmen dan mengangkat sel kulit mati.

Yang kedua dapat menggunakan obat yang bersifat sistemik, seperti obat minum yang mengandung vitamin C atau glutathione atau bisa juga dengan suntikan vitamin C.

Namun yang perlu diingat bahwa warna kulit umumnya tidak akan bisa sampai putih sekali, umumnya lebih cerah sedikit dari sebelumnya. Selain itu penggunaan vitamin C hanya berefek saat dilakukan injeksi dan mudah dipecah kembali sehingga perlu rutin penggunaannya.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com (hrn/up)
News Feed