Rabu, 02 Mei 2018 18:45 WIB

Apakah Hernia Pengaruhi Kesuburan Sperma?

- detikHealth
Saya mau bertanya tentang hernia saya, apakah itu mepengaruhi kesuburan sperma saya? Apakah ada dampak buruknya? Foto: ilustrasi/thinkstock Saya mau bertanya tentang hernia saya, apakah itu mepengaruhi kesuburan sperma saya? Apakah ada dampak buruknya? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Selamat Malam, Dok. Maaf sebelumnya, saya mau bertanya tentang hernia saya, apakah itu mepengaruhi kesuburan sperma saya? Apakah ada dampak buruknya?
Terima kasih, Dok.

A (Pria, belum menikah, 28 tahun)

Jawaban

Hernia yang memengaruhi kesuburan sperma adalah hernia scrotalis, di mana usus besar turun terperosok masuk ke dalam kantung buah-zakar (testis). Di dalam buah zakar, sel jantan (spermatozoa) diproduksi. Bila pengobatan dengan tindakan bedah terlambat, usus besar akan menghambat produksi spermatozoa, yang memicu kemandulan pada pria.

Berbeda dengan hernia inguinalis, di mana usus besar muncul di selangkangan pangkal tungkai-kaki, maka tidak akan memicu kemandulan.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/mrs)
News Feed