Jumat, 04 Mei 2018 18:26 WIB

Testpack Positif Tapi Selaput Dara Belum Pecah, Bisakah Hamil

Ike Sari - detikHealth
Sobeknya selaput dara bukan penentu kehamilan (Foto: Thinkstock) Sobeknya selaput dara bukan penentu kehamilan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Testpack Positif Tapi Selaput Dara Belum Pecah, Bisakah Hamil?

Dok, saya mau bertanya. Saya sudah melakukan hubungan intim dengan suami, tapi saya merasa keperawanan (selaput dara) saya belum pecah dan sperma suami selalu keluar di dalam. Apakah hal tersebut kira-kira bisa menyebabkan kehamilan, Dok? Karena selama sebulan ini saya telat haid. Kemarin saya sudah melakukan tes pack, hasilnya adalah keluar dua garis. Bagaimana ya, Dok?

I (Wanita, menikah, 22 tahun)

Jawaban

Test pack-strip "dua garis" menunjukkan Anda hamil. Selamat ya. Patut dipahami, untuk terjadinya kehamilan tidak perlu selaput dara (hymen) terkoyak atau pecah.

Pada wanita yang selaput daranya kenyal, bisa tidak pecah saat Mr P penetrasi ke dalam vagina. Terjadinya kehamilan ditentukan oleh pertemuan sel telur (ovum) dan sel jantan (spermatozoa) saat wanita dalam periode subur.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (up/up)
News Feed