feed
Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini SpA. IBCLC
Rabu, 18 Mei 2016 15:43 WIB

Duh! Si Kecil Suka Menggigit Puting Saat Menyusu

Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Halo dr Asti. Saya sedang menyusui anak saya yang usianya 1,2 tahun. Karena anak saya sedang tumbuh gigi, kadang dia menggigit puting saya sampai berdarah dan kepala saya sakit sekali.

Saat luka begitu ketika disusukan, payudara saya sakit, begitu pun saat diperah. Kalau menyusui di payudara satu saja, payudara yang luka ini penuh Dok. Bagaimana ya solusinya?

Kemudian, kok bisa ya dok karena digigit oleh anak saya saat menyusui, saking sakitnya sampai kepala saya juga sakit tak tertahankan bahkan kadang seperti mau pingsan. Mohon penjelasannya Dok. Terimakasih.

Ranny (Wanita, 25 tahun)
Ranny.XXXXX@gmail.com
Tinggi 167 cm, berat 49 kg

Jawaban

Halo Ibu Ranny,

Untuk masalah lecet dalam menyusui, Ibu disarankan untuk tetap melanjutkan menyusui pada kedua payudara, bukan hanya pada payudara yang sehat saja. Namun, baiknya Ibu juga konsultasi ke Klinik laktasi untuk mendapatkan salep khusus untuk lecet puting, serta dievaluasi proses menyusui, MPASI, dan keadaan mulut bayi.

Pada bayi yang suka menggigit puting atau menyebabkan puting lecet, penting untuk dicari penyebabnya. Apakah proses menyusuinya kurang nyaman bagi bayi (misal bayi disusui sambil dicuekin) sehingga bayi mencari perhatian dengan menggigit puting, atau pemberian MPASI kurang tepat untuk anak seusianya sehingga bayi tidak puas makan dan masih ingin menggigit-gigit, atau memang ada kelainan anatomi di dalam mulutnya yang menyebabkan ketidaknyamanan sehingga bayi protes dengan menggigit.

Lecet puting memang dapat membuat Ibu stres dan trauma untuk menyusui, sehingga wajar bila keadaan tersebut menimbulkan banyak pikiran dan sakit kepala. Hal tersebut juga disebabkan adanya saraf di puting yang berhubungan dengan saraf di kepala, sehingga bila puting terasa nyeri, kepala pun akan ikut terasa sakit.

Akan baik bila Ibu segera ke dokter laktasi untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan pertolongan (bisa diberikan obat pengurang nyeri bila diperlukan), sehingga menyusui kembali menyenangkan dan penuh perhatian bagi ibu maupun bayi.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata, Depok
Ketua AKLII (Asosiasi Konsultan Laktasi Internasional Indonesia).
www.rspermatadepok.com (hrn/vit)
News Feed