feed
Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini SpA. IBCLC
Rabu, 09 Agu 2017 10:52 WIB

Amankah Konsumsi Obat Alergi Saat Menyusui?

Kandungan obat alergi cetirizine aman kok untuk ibu menyusui.  (Foto: Thinkstock) Kandungan obat alergi cetirizine aman kok untuk ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Begini Dok, saya kan alergi dingin. Setiap gatal, saya mengonsumsi obat alergi lerzin citirizene. Tapi masalahnya saya sedang menyusui bayi baru 6 bulan. Apa akan ada dampaknya buat bayi saya apa tidak? Terimakasih.

Nisa (22 tahun)

Jawaban

Obat alergi cetirizine adalah obat yang aman bagi ibu menyusui. Tidak perlu khawatir berdampak pada bayi. Yang paling penting Ibu tetap tenang saat alergi muncul dan menyusui bayi seperti biasa semau bayi (nursing on demand). Ketenangan Ibu akan membuat hormon menyusui tetap bekerja dengan baik, sehingga pengeluaran ASI tetap lancar. Jika memungkinkan, Ibu sebaiknya menghindari pencetus (udara dingin) yang menyebabkan alergi agar kenyamanan Ibu tetap terjaga.

Yang tidak kalah penting adalah kami sarankan ibu dan keluarga segera berkunjung ke klinik laktasi untuk mengevaluasi proses menyusui selama ini serta konseling MPASI (makanan pendamping ASI) mengingat usia bayi yang sudah 6 bulan. Proses menyusui yang baik dan MPASI yang tepat akan membuat Ibu dan bayi sehat, serta membuat menyusui tetap berjalan lancar dan nyaman sampai 2 tahun.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com (hrn/up)
News Feed