Wulan Ayu Ramadhani M.Psi
Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani M.Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah http://pranikah.org/
Senin, 02 Okt 2017 11:00 WIB

Menghadapi Istri yang Marah Karena Suami Belum Sunat

Ilustrasi istri yang marah karena tahu suami belum disunat/Foto: thinkstock Ilustrasi istri yang marah karena tahu suami belum disunat/Foto: thinkstock
Jakarta - Saya baru menikah satu minggu Mbak tapi baru sekali berhubungan badan. Istri saya tahu saya tidak disunat dan marah. Apa yang harus saya lakukan padahal saya takut disunat Mbak dan kebutuhan saya juga banyak. Mohon pencerahannya.

W (Laki-laki, 29 tahun)

Jawaban

Dear Mas W,

Sejauh mana Anda mengetahui alasan pasangan marah menolak berhubungan karena Anda belum disunat? Misalnya, alasan kebersihan dan kesehatan karena adanya kemungkinan pasangan yang tidak disunat dapat menyebabkan adanya infeksi yang mudah ditularkan. Atau ada alasan lainnya seperti kepuasan seksual yang didapatkan selama berhubungan.

Ada beberapa klien yang mengakui adanya peningkatan kemampuan untuk ereksi setelah disunat. Tentu saja ini tidak berbanding lurus dengan kepuasan Anda dan pasangan tentunya, karena untuk hal ini dibutuhkan kerjasama antara Anda dan pasangan untuk saling mengeskplorasi.

Saya belum memahami ketakutan Anda untuk disunat. Misalnya, karena Anda mendengar pengalaman orang lain disunat dan itu menakutkan bagi Anda, atau karena ada ketakutan sunat justru memengaruhi kesuburan dan kejantanan Anda, dsb. Informasi yang Anda terima belum tentu semuanya benar. Tidak jarang ada banyak informasi mengenai khitan yang menyesatkan dan membuat seseorang ketakutan.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang akurat. Biasanya dokter akan merekomendasikan metode yang paling sesuai dengan pasiennya dengan segala pertimbangan yang ada.

Jika ketakutan yang ada tidak juga hilang, ada baiknya Anda konsultasikan dengan psikolog klinis dewasa untuk melihat permasalahan Anda secara komprehensif. Bisa saja ada hal-hal yang terjadi sebelumnya, tanpa Anda sadari, yang membuat ketakutan Anda untuk disunat menjadi besar.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/ (hrn/fds)
News Feed