Jumat, 08 Des 2017 19:48 WIB

Bagaimana Menyikapi Suami yang Hobi Selingkuh?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Suami saya seringkali selingkuh dengan tetangga saya juga. Bila dihitung sudah 3 tahun mereka berselingkuh. Hal itu baru saya ketahui, saat saya klarifikasi ke tetangga saya ternyata benar, dan perempuan tersebut meminta maaf kepada saya. Bagaimana ya Mbak cara menangani suami seperti itu?

R (Perempuan, 28 tahun)

Jawaban

Dear Mbak R

Perselingkuhan biasanya bukan hal yang mudah untuk diterima begitu saja oleh pasangan, terlebih lagi ketika perselingkuhan ini terjadi dalam lingkungan yang dekat dan terjadi dalam waktu yang tidak bisa dibilang singkat.

Apa yang Anda rasakan saat mengetahui hal ini? Apa yang Anda pikirkan mengenai pasangan? Apa yang Anda pikirkan mengenai diri Anda sendiri? Apa kekhawatiran yang muncul dengan kejadian ini? Bagaimana respon Anda terhadap pasangan setelah kejadian ini? Bagaimana Anda memproses kejadian ini sebenarnya tidak kalah penting dengan bagaimana Anda menangani pasangan.

Perselingkuhan bisa terjadi karena banyak faktor. Untuk mengetahui bagaimana menghadapi situasi ini (spesifiknya pasangan), tentu saja membutuhkan gambaran komprehensif tentang apa yang terjadi dalam diri suami dan perkawinan Anda. Berhubung ini tidak tergambar pada cerita Anda, maka yang bisa diberikan adalah saran umum apa yang bisa Anda berdua lakukan sebagai pasangan yang dapat dilakukan dalam menghadapi situasi seperti ini pada umumnya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah, sbb:

Sadari bagaimana peristiwa ini mempengaruhi diri Anda, pasangan, perkawinan, serta keluarga Anda. Beri waktu untuk diri sendiri memproses kejadian ini. Tidak merasakan apa-apa dalam situasi ini bisa jadi bukan hal yang baik, karena setiap peristiwa akan menimbulkan respon tertentu (entah menyenangkan atai tidak menyenangkan). Tidak merasakan apa-apa biasa saja terjadi karena masih ada peristiwa yang terjadi dianggap seakan tidak nyata atau menolak untuk mengakui peristiwa tersebut memang terjadi.

Diskusikan, dengan adanya kejadian perselingkuhan, berarti ada salah satu pihak yang telah melanggar komitmen pernikahan. Sepakati bagaimana Anda berdua akan mengatasi hal ini? Jika, masih ingin melanjutkan perkawinan, sejauh mana komitmen suami untuk meminimalisir kejadian ini akan terulang kembali di masa yang akan datang?

Pasangan yang berselingkuh biasanya akan meminta maaf atas perselingkuhan yang mereka lakukan. Pertanyaannya adalah seberapa serius mereka akan berkomitmen untuk tidak mengulangi kejadian tersebut. Biasanya pada kasus seperti ini pelaku perselingkuhan diminta untuk memutus kontak dengan selingkuhannya, yang dalam hal ini orang tersebut masih berada di dalam lingkungan tetangga Anda. Bagaimana ia akan menyelesaikan hubungan perselingkuhannya tersebut? Bagaimama Anda dan pasangan akan menghadapi hal tersebut.

Pada beberapa kasus yang melibatkan orang dekat, biasanya pasangan bisa membuat kesepakatan jika selingkuhan tersebut masih menghubungi, maka pasangan akan bercerita. Namun, ini juga perlu dibarengi dengan kedewasaan pasangan untuk merespon informasi / keterbukaan pasangan.

Evaluasi hubungan perkawinan. Perselingkuhan bisa jadi sebagai penyebab permasalahan dalam rumah tangga, atau bisa juga merupakan adanya permasalahan di dalam perkawinan yang selama ini tidak terdeteksi. Masalah ini bisa merupakan masalah individu, atau masalah dalam relasi perkawinan itu sendiri. Lakukan evaluasi dengan mencari tahu apa yang menyebabkan perselingkuhan ini terjadi dan bagaimana Anda dan pasangan akan menyelesaikannya.

Tidak saling menyalahkan satu sama lain. Terkadang masalah perselingkuhan sulit diselesaikan karena pasangan saling menyalahkan. Satu pihak menyalahkan karena merasa bersalah dan mencari pembenaran atas perilakunya. Sementara satu pihak lain menyalahkan karena muncul rasa tidak percaya diri menjadi pasangan yang baik serta adanya kemarahan, kekecewaan, karena adanya pengkhianatan.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/ (hrn/up)
News Feed