Dr. Andri Wanananda MS
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.
Rabu, 18 Apr 2018 17:32 WIB

Istri yang Kebingungan karena Suami Kehilangan Libido

Suami sudah tidak tertarik lagi (Foto: thinkstock) Suami sudah tidak tertarik lagi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Maaf Dok. Saya ingin bertanya, bagaimana membuat suami kembali bergairah? Suami saya mengaku semenjak honeymoon dia sudah tidak bergairah lagi pada diri saya. Kita menikah bulan Mei 2016. Saya sempat menanyakan alasan kenapa dia tidak bergairah dan mau dia apa? Dia menjawab tidak tahu. Dia juga sudah tidak semangat menyentuh saya bahkan hanya memeluk. Saya juga bertanya pernah terangsang atau tidak melihat wanita seksi. Tergantung jawabnya.

Saya tanyakan juga saat saya berpakaian yang seksi atau handuk gitu bergairah atau tidak? Jawabnya kadang malah nggak bergairah. Saya tanyakan lagi saat pacaran dulu bergairah atau tidak. Ada bergairah. Dia berasumsi kalau kita dulu kelamaan pacaran, makanya sekarang tidak bergairah lagi.

Apa yang harus saya lakukan dok, Soalnya dia mengaku jujur saat usia pernikahan mau masuk 2 tahun. Dia tidak mau diajak ke dokter ataupsikolog gitu. Terima kasih

Renita (Wanita, Menikah, 26 tahun)

Jawaban

Menurun bahkan hilangnya gairah seksual (libido) terhadap pasangan hidup, bisa disebabkan oleh gangguan fisik atau psikis. Seperti yang dialami oleh suami Anda.

# Gangguan Fisik, penyebabnya penyakit-penyakit kronis: darah tinggi, kencing manis, gangguan lemak darah (kolesterol), defisiensi hormon pria (testosteron).

# Gangguan Psikis, penyebabnya stress-mental, sedang galau dan sebagainya.

Hubungan suami istri yang dilakukan melalui lembaga pernikahan, tidak hanya berlandaskan ketertarikan saja, tapi disertai kelembutan kasih sayang dan cinta kasih. Justru pacaran dalam jangka waktu lama, membuat proses pemupukan daya tarik fisik dan psikis pasangan suami istri semakin optimal. Jelasnya, bukan alasan terjadinya penurunan gairah seksual. Dengan bertolak dari hakekat makna kata cinta (love), adalah menerima kelebihan dan kekurangan pribadi masing-masing pasangan. Anda harus bersabar membujuknya agar suami mau melakukan general check up fisik untuk menelusuri penyebab penurunan libidonya.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (up/up)
News Feed