Kamis, 26 Apr 2018 18:21 WIB

Mr P Bisa Ereksi Tapi Sulit Orgasme, Normalkah?

Zoel - detikHealth
Normalkah Mr P yang bisa ereksi namun tak bisa orgasme? Foto: thinkstock Normalkah Mr P yang bisa ereksi namun tak bisa orgasme? Foto: thinkstock
Jakarta - Selamat Siang, Dok. Saya ingin menanyakan masalah yang saya hadapi. Saat akan berhubungan, Mr P saya sangat keras dan tegak dengan gagahnya, namun saya sulit sekali mencapai orgasme, sehingga lama sekali saat bercinta. Semakin lama saya merasa capek dan lelah sehingga Mr P saya jadi loyo dan lemas, padahal belum mendapatkan puncak kenikmatannya yaitu orgasme.

Saya paksakan untuk berhubungan, namun Mr P saya tetap tidak bisa berdiri kokoh, sehingga butuh waktu lama lagi untuk membuatnya berdiri dengan bantuan tangan dan foreplay seperti oral seks. Sehingga baru saya berhubungan lagi dan mendapatkan orgasme. Apakah masalah saya ini tergolong bahaya atau ada penyakit? Mohon penjelasannya dan bantuan arahannya. Terima kasih.

Z (Pria, menikah, 35 tahun)



Jawaban

Dari uraian keluhan Anda, agaknya Anda mengalami gangguan (hambatan) orgasme. Penyebabnya bisa fisik atau psikis.

#Penyebab fisik: gangguan sistem saraf pusat, misalnya penyakit parkinson, multiple sclerosis, saraf lumbar di sumsum tulang belakang yang terjepit. Bisa pula karena obat, misalnya obat anti-depresi.

#Penyebab psikis: kecemasan, perasaan takut menghamili, kejemuan terhadap pasangan.
Disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk memastikan penyebab dan solusinya.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/up)
News Feed