Dr. Andri Wanananda MS
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.
Rabu, 23 Feb 2011 15:18 WIB

Dok, Kenapa Mr P Bisa Kesemutan?

Jakarta -

Dok, Mr. P saya suka seperti kesemutan. Kenapa bisa begitu ya dok, apakah ini karena kebiasaan masturbasi yang sering saya lakukan? Ataukah ada hubungannya dengan olahraga bersepeda yang saya lakukan setiap minggu? Apa penyebab kesemutan ini? Berbahayakah? Adakah pengaruh pada kesuburan nanti bila saya menikah? Terimakasih.

Egi (Pria Lajang, 24 Tahun), egi_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 178 Cm dan Berat Badan 81 Kg


Jawaban

Kesemutan (Paraesthesia) pada penis Anda, besar kemungkinan karena gangguan sirkulasi darah atau saraf sekitar penis. Masturbasi bukan penyebabnya, tapi olahraga sepeda masih mungkin sebagai penyebabnya. Iritasi batang penis pada sadel sepeda yang terlampau lama disertai suhu panas sekitar penis saat mengayuh sepeda patut dipertimbangkan sebagai penyebab.

Sebaiknya periksa kadar gula darah, lemak (kolesterol) dan asam urat. Dianjurkan minum suplemen yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12. Suhu panas yang berkepanjangan pada biji zakar bisa mengganggu kesuburan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

 

(ir/ir)
News Feed