Dr. Andri Wanananda MS
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.
Kamis, 21 Feb 2013 18:23 WIB

Tolong Dok, Gairah Seks Saya Turun Gara-gara Sering Naik Motor

(Foto: thinkstock) (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Langsung saja Dok, saya mengalami penurunan seks sekitar 3-4 bulan ini. Hal ini pertama kali saya alami berawal ketika saya coba mengendarai motor saat pergi ke kantor. Ketika itu kemaluan saya sering seperti terjepit saat mengendarai motor. Dan itu juga menyebabkan saya ambeien.

Sejak itu saya merasa mengalami penurunan gairah seks, karena di sekitar kemaluan saya sampai sekarang masih terasa seperti ngilu. Mohon bantuannya Dok. Terimakasih.

Iwan (Pria Menikah, 41 tahun), e_roXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 172 cm dan Berat Badan 75 kg

Jawaban

Pada usia Anda, 41 tahun, risiko terjadinya penyakit kronis seperti kencing manis (Diabetes Mellitus), hipertensi, kadar lemak darah abnormal (Dyslipidemia) serta penurunan kadar hormon pria (Testosteron) kerap terjadi.

Penyakit-penyakit ini punya kontribusi terjadinya penurunan libido. Agaknya, tidak ada kaitan dengan sering terjepitnya kemaluan Anda saat naik motor dan penyakit wazir (ambeien) yang Anda alami.

Dengan bimbingan Dokter Keluarga Anda, dianjurkan Anda melakukan general check-up kesehatan untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit kronis tersebut.

Rasa ngilu sekitar Mr P bisa karena Anda jarang olahraga fisik. Coba lakukan olahraga ringan antara lain jalan pagi (brisk walking), renang (swimming) dan peregangan otot (stretching) setelah latihan fisik, tersebut. Berusaha pula menjaga kebugaran psikis dengan mengelola stres, hingga hidup Anda tidak banyak dirundung kegusaran dan kesedihan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

(mer/vta)
News Feed