Dr. Andri Wanananda MS
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.
Senin, 12 Mar 2018 18:45 WIB

Pusing Usai Ejakulasi, Apakah Sperma Pria Bisa Habis?

Apakah sperma pria bisa habis, karena usai ejakulasi kepala bisa terasa sangat pusing? Foto: ilustrasi/thinkstock Apakah sperma pria bisa habis, karena usai ejakulasi kepala bisa terasa sangat pusing? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Dok, saya mau tanya, apakah terlalu sering atau banyak mengeluarkan sperma bisa mengakibatkan kehabisan sperma? Jika iya, apa yang harus dilakukan?

Lalu setiap pasangan saya mengeluarkan sperma, kepalanya langsung pusing? Itu kenapa ya Dok? Mohon penjelasannya secara detail. Terima kasih.

F (Wanita, 24 tahun)

Jawaban

Sperma diproduksi oleh buah zakar (testis) pria, yang setiap ejakulasi dikeluarkan sekitar 5 ml, mengandung 200-500 juta sel jantan (spermatozoa). Sperma relatif tidak akan habis, seperti darah dan air seni, akan tetap ada sepanjang hidup pria. Hanya kebugaran jasmani dan proses penuaan (the aging proses) yang bisa mempengaruhi kuantitas dan kualitas sperma.

Keluhan kepala pusing pada pasangan Anda setiap ejakulasi sperma, mungkin disebabkan tensi darah yang meningkat disertai lemak darah (kolesterol total, kolesterol LDL, kolesterol HDL, trygliceride) yang tidak normal. Paling sering penyebabnya adalah tensi darah yang meningkat saat ejakulasi.


Pada pengidap hipertensi, peningkatan darah saat ejakulasi jauh melambung tinggi, hingga menimbulkan keluhan pusing. Disarankan, agar pasangan Anda melakukan konsultasi dengan dokter keluarganya, agar dapat diperiksa apakah ia mengidap hipertensi atau dyslipidemia (kadar lemak darah yang abnormal).

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/up)
News Feed