Dr. Andri Wanananda MS
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.
Senin, 02 Apr 2018 18:40 WIB

Kenapa Miss V Istri Berdarah Saat Bercinta?

Ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi penyebab vagina berdarah usai hubungan intim. (Foto: thinkstock) Ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi penyebab vagina berdarah usai hubungan intim. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Salam sehat Dok, saya pria umur 26 tahun, sudah menikah berjalan 3 tahun dan mempunyai 1 anak berumur 2,5 tahun. Yang ingin saya tanyakan, setelah istri saya melahirkan selang 4 bulan kami mulai berhubungan intim lagi dan normal-normal saja.

Tapi sekitar 2 bulan belakangan ini, setiap kami berhubungan vagina istri saya mengeluarkan darah. Bisa lumayan banyak seperti lagi menstruasi, tapi kadang-kadang sedikit sampai cuma terlihat keluar cairan coklat.

Sebenarnya apa kemungkinan yang terjadi pada istri saya Dok? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Genta (Pria, 27 tahun)

Jawaban

Pertama, selamat kepada Anda dan istri yang sudah diberkahi anak. Petunjuk, Anda dan istiri memiliki kebugaran tubuh dan kualitas hormon reproduksi yg prima. Vagina yang berdarah setelah hubungan intim bisa disebabkan oleh:

#Iritasi, peradangan vagina akibat pelendiran (lubrikasi) vagina yang belum optimal saat penetrasi penis ke dalam vagina;

#Kelainan dinding vagina karena tumor, infeksi bakteri, jamur atau kista yang bertangkai.

Disarankan agar istri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan, untuk memastikan penyebabnya. Minimal melakukan pemeriksaan papsmear.

dr Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (mrs/fds)
News Feed