feed
Konsultasi Tulang
dr Andri Primadhi SpOT
Kamis, 12 Jan 2017 16:18 WIB

Kaki Terasa Sakit dan Keras Pasca Operasi Tulang Pangkal Paha

Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ayah saya sudah menjalani operasi pada tulang pangkal pahanya dikarenakan jatuh terduduk. Pada 3 bulan yang lalu, usia sekitar 60 tahun, saat ini beliau belum bisa berjalan seperti semula.

Terkadang ketika BAB mengeluarkan cairan merah seperti darah, cair dan agak kental dan berbau. Sesekali beliau merasakan kakinya sakit dan agak mengeras pada pangkal pahanya yang bekas operasi. Telapak kakinya terkadang membengkak.

Apakah normal kejadian itu? Ayah saya belum kontrol sejak operasi dikarenakan masih agak susah berjalan. Mohon informasi dan masukannya. Salam.

Anno (Pria, 38 tahun)

Jawaban

Halo Bapak Anno,

Rasa sakit dan terasa keras lazim timbul setelah operasi, apalagi Ayahanda Bapak Anno belum pernah kontrol sejak operasi sehingga saya perkirakan juga belum pernah menjalani program fisioterapi, sehingga terjadi kekakuan sendi dan kontraktur pada otot-otot di daerah sekitarnya.

Saya anjurkan untuk segara kontrol ke dokter yang mengoperasinya supaya dapat segera ditemukan masalah dan pemecahannya. Pembengkakan pada kaki juga sangat mungkin terjadi karena adanya periode istirahat yang terlalu lama tanpa adanya latihan, sehingga gerakan berkurang dan pada akhirnya aliran darah balik juga terganggu.

Sedangkan mengenai BAB yang berdarah dan berbau mungkin tidak ada hubungannya dengan operasi patah tulangnya, namun harus segera diperiksakan pula untuk menemukan penyebabnya.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161 (hrn/up)
News Feed