dr. Kevin William Hutomo
Konsultasi Umum
dr. Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok www.rspermatadepok.com
Kamis, 01 Mar 2018 19:15 WIB

Telapak Tangan Mudah Berkeringat, Gejala Penyakit Jantung?

Apakah telapak tangan berkeringat gejala penyakit jantung? Foto: Thinkstock Apakah telapak tangan berkeringat gejala penyakit jantung? Foto: Thinkstock
Jakarta - Dok, telapak tangan saya mudah keringatan. Kata orang itu gejala penyakit jantung, tapi saya masih muda. Benarkah itu Dok?

Yusuf (Pria, 24 tahun)

Jawaban

Sampai saat ini belum ditemukan penelitian bahwa tangan yang berkeringat merupakan gejala dari kelainan jantung. Faktanya adalah terdapat lebih banyak kelenjar keringat di area tangan, kaki, ketiak, dan sekitar kemaluan. Pada keadaan tertentu, misal saat beraktivitas berat atau berolahraga, stres, keadaan panas, atau demam kelenjar keringat akan memproduksi lebih banyak keringat untuk menjaga suhu tubuh kita agar tetap stabil.

Namun, apabila keringat tetap keluar di saat sedang beristirahat atau tidak melakukan apa-apa, kondisi ini dikaitkan dengan hiperhidrosis, yang penyebabnya dapat berkaitan dengan kondisi kesehatan Anda, bisa juga tidak. Saran saya segera periksakan kondisi diri Anda kepada dokter terdekat agar dapat terjawab kemungkinan adanya suatu penyakit yang menyebabkan kondisi hiperhidrosis ini atau memang produksi kelenjar keringat Anda memang berlebih.

Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

(mrs/up)
News Feed