feed
Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo
Selasa, 07 Feb 2017 15:46 WIB

Penyebab Bisul di Kaki

Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Dok, belakangan ini kaki saya suka tumbuh bisul. Kira-kira kenapa ya penyebabnya? Apakah karena alergi makanan? Terimakasih.

Aldi (Pria, 30 tahun)

Jawaban

Bisul di dalam dunia kedokteran disebut sebagai abses, furunkel, atau karbunkel. Bisul seringkali dijumpai di ketiak, area di sekitar anus dan vagina (abses kelenjar Bartholin), di pangkal atau dasar tulang belakang (abses pilonidal), di sekitar gigi (abses dental), dan di lipat paha.

Inflamasi (peradangan) di sekitar di sekitar folikel rambut juga dapat memicu munculnya abses, yang disebut furunkel (boil).

Bisul disebabkan oleh reaksi peradangan hingga proses infeksi (oleh bakteri atau parasit). Bakteri tersering penyebab bisul di kulit adalah Staphylococcus aureus.

Sedangkan beberapa faktor risiko untuk berkembangnya bisul atau terjadi bisul yang berulang/kambuhan adalah terapi steroid kronis, kemoterapi, diabetes mellitus, kanker, lupus, dialisis untuk gagal ginjal, HIV/AIDS, penyakit sel sabit, penyakit vaskular perifer, penyakit Crohn, kolitis ulseratif, alkoholisme, luka bakar yang berat, trauma (luka) berat, penggunaan obat-obatan intravena. Tentang hubungan alergi makanan dengan munculnya bisul, saya belum menemukan mekanismenya di jurnal ilmiah.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dokter Dito Anurogo, penulis 18 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta. (hrn/up)
News Feed