dr. Kevin William Hutomo
Konsultasi Umum
dr. Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok www.rspermatadepok.com
Selasa, 06 Feb 2018 11:50 WIB

Konsultasi Umum

Muncul Wasir Sesudah Melahirkan, Apa Obatnya?

Apakah ada obat untuk wasir? Foto: thinkstock Apakah ada obat untuk wasir? Foto: thinkstock
Jakarta - Selamat pagi dokter, saya mau bertanya setelah selesai melahirkan saya memiliki penyakit wasir. Awalnya hanya ada benjolan tapi tidak sakit, lalu sekarang, setelah buang air besar (BAB) sering terasa perih dan panas tapi tidak pembengkakan.

Saya pernah ke klinik umum dan dokter bilang itu hanya karena saya kurang serat dan terlalu sering makan pedas dan diberikan obat yang dimasukan ke anus serta obat antibiotik penghilang nyeri. Tetapi sekarang setelah BAB kenapa wasirnya itu seperti bengkak, seperti menonjol dan terasa panas tapi tidak berdarah jadi tidak enak saat dibawa berjalan itu terasa sekali seperti ada yang mengganjal.

Obat apa yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan pembekakan dan rasa nyerinya ya? Dan apa ini bisa sembuh?

Ocha (Perempuan, 29 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Wasir atau hemoroid adalah peradangan/pembengkakan pembuluh darah di daerah anus yang diakibatkan oleh aktivitas mengejan saat buang air besar. Mengejan saat buang air besar diakibatkan oleh feses (kotoran) yang keras dikarenakan kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat.

Pada saat mengejan tekanan di dalam rongga perut akan meningkatkan tekanan dalam pembuluh darah yang meradang dan benjolan akan semakin membesar dan seringkali mengakibatkan benjolan keluar dari daerah anus. Rasa panas diakibatkan oleh peradangan di area pembuluh darah sesaat setelah buang air besar.

Saran saya anda perlu mengonsultasikan keluhan anda kepada dokter bilamana benjolan sudah dirasakan sangat mengganggu, karena perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan derajat keparahan dari keluhan yang anda rasakan.

Obat-obatan golongan anti radang dapat anda konsumsi untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri, namun bila derajat keparahan wasir anda masih dalam ringan-sedang. Namun, bila sudah berat, biasanya dokter akan merujuk ke dokter spesialis bedah untuk dilakukan operasi pada benjolan yang sudah tidak dapat masuk kembali kedalam anus. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com (mrs/fds)
News Feed