dr. Kevin William Hutomo
Konsultasi Umum
dr. Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok www.rspermatadepok.com
Kamis, 08 Feb 2018 19:49 WIB

Apakah Obat Penyakit Jantung Menyebabkan Efek Samping?

Foto: ilustrasi/Mindra P Foto: ilustrasi/Mindra P
Jakarta - Terima kasih sebelumnya kepada dr Kevin yang sudah membantu menjawab pertanyaan saya. Ayah saya diberitahu oleh dokter ada klep jantung yang lepas sehingga cairan dari jantung mengalir ke paru-paru, dan sudah 2 dipasang ring jantung. Setelah diberi obat dan diminum rutin, efek yang dirasakan sekarang badan menjadi gatal dan jadi merambat ke penglihatan dan pendengaran, mata menjadi rabun dan pendengaran menjadi tuli. Kata dokter akibat dari jantung, apakah yang harus dilakukan dok biar kembali normal kembali yah saya. Terimakasih sebelumnya.

Anca (Pria, 30 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Dari informasi sekilas yang Anda berikan kemungkinan orang tua Anda mengalami gagal jantung akibat penyumbatan pembuluh
darah di jantung. Gagal jantung merupakan suatu keadaan di mana jantung sudah tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik yaitu memompa darah ke seluruh tubuh guna mendistribusikan oksigen. Terdapat pembuluh darah yang menghubungkan paru-paru dengan jantung guna memasok oksigen yang kita hirup ke dalam darah kita, ketika jantung sudah mengalami kegagalan fungsi biasanya akan terjadi akumulasi dari darah di dalam jantung akibat ketidak mampuan jantung mengosongkan ruangan didalamnya. Sehingga terjadilah peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah yang menghubungkan paru-paru dan jantung yang menyebabkan cairan merembes ke dalam paru-paru.

Sayangnya saya kurang mendapat informasi mengenai jenis-jenis obat-obatan yang dikonsumsi oleh orang tua Anda. Perlu diketahui bahwa saat mengalami gagal jantung, biasanya dokter akan meresepkan berbagai jenis obat untuk membantu mengurangi beban kerja dari jantung kita. Beberapa obat yang dikonsumsi kemungkinan memiliki efek samping, selain daripada efek yang diharapkan yaitu untuk mengurangi beban kerja jantung. Untuk kembali normal, baiknya anda mengonsultasikan kembali kepada dokter yang meresepkan obat-obatan tersebut mengenai efek-efek yang muncul pada orang tua Anda. Sehingga dapat dipertimbangkan pemberian alternatif lain dari obat-obatan tersebut.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com (mrs/up)
News Feed