dr. Kevin William Hutomo
Konsultasi Umum
dr. Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok www.rspermatadepok.com
Senin, 19 Feb 2018 15:35 WIB

Konsultasi Umum

Pasca Operasi Tumor, Berapa Lama Bisa Pulih dan Berjalan Normal?

Pasca operasi tumor di paha dalam sebelah kiri, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa pulih dan kembali berjalan normal? Foto: Thinkstock Pasca operasi tumor di paha dalam sebelah kiri, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa pulih dan kembali berjalan normal? Foto: Thinkstock
Jakarta - Assalamualaikum. Saya Akbar berusia 21 tahun. Dokter, saya ada beberapa pertanyaan:

1. Saya baru menjalani operasi tumor di daerah paha sebelah kiri pada 19 Desember 2017 lalu. Saya ingin tahu masa pemulihan pasca operasi berapa lama untuk bisa berdiri tegak dan berjalan normal seperti sebelum operasi?

2. Apa yang menyebabkan jaringan otot saya terasa nyeri ketika saya hendak berjalan atau sekadar berdiri tegak?

3. Apa yang harus saya lakukan untuk memulihkan kondisi saya kembali normal?

4. Asupan apa saja yang baik dikonsumsi demi mempercepat pemulihan?

Mohon penjelasannya Dokter. Terima kasih.

Akbar (Pria, 21 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa otot-otot di daerah paha merupakan otot-otot besar yang pemulihannya cukup memakan waktu setelah tindakan operatif. Perlu dilakukan fisiotetapi agar fungsi otot di area tindakan operasi dapat kembali seperti sedia kala. Setelah tindakan operatif, tentu saja masih terjadi peradangan di area tempat operasi, dan perlu waktu bagi jaringan otot untuk melakukan regenerasi jaringan.

Lakukan latihan secara bertahap untuk mengembalikan fungsi otot-otot anda, baiknya anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi untuk menentukan bagaimana program latihan yang perlu dilakukan.

Untuk memulihkan jaringan otot, konsumsi makanan dengan kadar protein yang tinggi. Protein dibutuhkan oleh jaringan otot untuk proses regenerasi jaringan otot yang rusak. Protein tinggi terkandung dalam putih telur, daging dada ayam, dan lain-lain. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com (mrs/up)
News Feed