Selasa, 14 Jun 2011 16:26 WIB

Apakah Kalau Tidak Sunat Bisa Mempengaruhi Kenikmatan Seks?

Jakarta -

Dok, apakah kalau tidak sunat akan menimbulkan penyakit? Jika ya, penyakit apa sajakah yang dapat timbul? Lalu apakah jika tidak sunat akan mempengaruhi kenikmatan dalam seks? Terimakasih.

Michael (Pria Lajang, 16 Tahun), reinXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 54 Kg

Jawaban

Penis yang sudah disunat nantinya tidak lagi mempunyai kulit luar (preputium) yang meliputi bagian kepala penis yang sensitif (glans penis). Hal ini akan lebih mudah membersihkan 'Smegma' yang dihasilkan oleh kelenjar di bawah preputium. Bila wilayah ini tidak dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap dan bisa menimbulkan infeksi (Balanitis).

Tapi, sunat tidak berpengaruh pada peningkatan kepuasan bersanggama. Kecuali, bila preputium terlampau panjang atau ketat membalut kepala penis hingga terasa nyeri ketika ereksi dan mengganggu ejakulasi. Pada kasus ini tindakan sunat amat baik dan berpengaruh pada kenikmatan seksual. Hanya sedikit yang melaporkan seperti laporan dari Amerika bahwa pria-pria yang disunat mengeluh karena terganggu bila melakukan masturbasi secara manual (Arnott S, 2005).

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

(ir/ir)