Senin, 10 Okt 2016 15:14 WIB

Terbayang-bayang Tentang Seks, Wajarkah Miliki Nafsu yang Besar?

Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Wajarkah saya memiliki nafsu yang sangat besar? Hal ini saya lihat dari kesehari-hari saya yang selalu terbayang-bayang hal/posisi seks.

Arris (Pria, 25 tahun)

Jawaban

Dear Mas Arris,

Beberapa orang memang terlahir dengan libido atau nafsu yang besar. Untuk menentukan apakah libido ini wajar atau tidak, misalnya sudah masuk kategori hiperseks, perlu ada keterangan lebih lanjut yang dibutuhkan. Misalnya, apakah Anda merasa ada kebutuhan mendesak untuk melampiaskan nafsu sampai tidak mampu mengontrol keinginan Anda tersebut? Apakah Anda menjadi frustrasi dan akhirnya mengganggu aktivitas keseharian Anda karena pikiran Anda hanya tertuju pada seks? Sudah berapa lama ini berlangsung? Dsb.

Tidak selalu keluhan dengan nafsu yang besar merupakan sesuatu yang tidak wajar. Misalnya, ada kasus dimana seorang suami merasa memiliki masalah libidonya sangat tinggi, namun setelah ditelusuri ternyata karena istri memiliki libido yang sangat rendah dan tidak bisa mengimbangi. Suami mampu berhubungan beberapa kali dalam satu waktu, sementara istri hanya bisa satu kali itu juga tidak setiap hari, yang akhirnya dipersepsikan suami yang memiliki libido terlalu tinggi.

Jika saat ini Anda merasa punya nafsu yang berlebih, ada beberapa cara untuk mengontrol libido yang bisa dilakukan sendiri. Salah satu diantaranya adalah dengan menyibukkan diri, sehingga mengurangi kesempatan untuk memikirkan hal-hal dapat memicu libido. Selain itu, kurangi juga akses terhadap hal-hal yang berhubungan dengan hal-hal yang dapat memicu nafsu, seperti menonton film porno, dan sejenisnya. Semakin jarang terpapar, semakin mudah juga untuk mengontrolnya.

Jika Anda masih merasa ada yang tidak wajar dengan nafsu Anda dan tidak bisa mengontrolnya, hubungi seksolog atau psikolog untuk berkonsultasi lebih lanjut ya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/ (hrn/up)