Rabu, 04 Jan 2017 16:20 WIB

Batuk-batuk dan Bengkak Pada Perut Nenek 74 Tahun, Indikasi Sakit Apa?

Foto: Thinkstock
Jakarta - Selamat sore Dokter. Dok, nenek saya umur 74 tahun mengalami sakit pembekakan perut dan muka, serta batuk-batuk juga. Sudah dilakukan pemeriksaan foto rontgen dan pemeriksaan TB, hasil pemeriksaan rontgen sama TB-nya negatif. Diagnosa dokter terkena penyakit asma bronkial dan dokter yang lainnya katanya jantung.

Setelah minum obat belum ada perubahan sama sekali. Sebagai informasi, tensi darahnya normal Dok. Yang mau saya tanyakan, nenek saya itu kena penyakit apa Dok dan obatnya apa? Terimakasih.

Yonanz (Pria, 25 tahun)

Jawaban

Dear Yonanz,

Berdasarkan data yang Anda berikan, tentu perlu penggalian informasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan lebih lanjut terhadap nenek Anda. Namun, jika dilihat dari gejalanya kemungkinan ada masalah paru yang berkomplikasi ke jantung sehingga muncul gejala tersebut, dan tentunya pemeriksaan fungsi hati dan ginjal harus dilakukan untuk menyingkirkan penyebab bengkak dari organ tersebut. Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes
Departemen Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan
Siloam Karawaci Hospital (hrn/vit)