Jumat, 09 Okt 2009 15:32 WIB

Keloid

- detikHealth
DATA PENYAKIT - Deskripsi
Sebuah keloid, kadang-kadang disebut sebagai keloid bekas luka. Keloid, biasanya memiliki puncak yang halus dan warna merah muda atau ungu. Keloid berbentuk tidak teratur dan cenderung makin membesar.

Perbedaan antara keloid dan bekas luka terletak pada bekas yang ditinggalkan. Pada luka, proses penyembuhan biasanya meninggalkan bekas luka yang datar. Terkadang bekas luka itu hipertrofik, atau menebal, tetapi terbatas pada wilayah kulit yang terluka.

Sedangkan pada keloid, sebaliknya, mungkin mulai beberapa waktu setelah cedera dan memanjang keluar daerah yang terluka. Bahkan cenderungan melebar ke daerah sekitarnya yang tidak terluka. Keloids biasanya muncul setelah operasi atau cedera, tetapi mereka dapat juga muncul secara spontan atau sebagai akibat peradangan, seperti jerawatdi dada (bahkan salah satu yang tidak tergores atau jengkel). Contoh lain seprti, luka ringan, luka bakar dan tindikan.

Tanda dan Gejala
Keloid membesar dan tampak mengkilat dan berbentuk seperti kubah, mulai dari merah muda menjadi merah.  Selain potensial menyebabkan masalah cenderung gatal atau bahkan sakit saat disentuh.

Pengobatan
Keloid dapat dihilangkan dengan beberapa cara antara lain; suntikan cortison, bedah, laser, cryoterapi, interferon, flurorasil, dan radiasi.

Sumber: medlineplus dan medicinet.

(tbs/tbs)