dr. Andri SpKJ
Konsultasi Jiwa
dr. Andri SpKJ
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera (021)29779999 Twitter: @mbahndi www.psikosomatik.net
Rabu, 05 Jul 2017 16:20 WIB

Masih Muda Tapi Gampang Lupa, Ini Penjelasan Dokter Jiwa

Ilustrasi wanita pelupa/Foto: Getty Images Ilustrasi wanita pelupa/Foto: Getty Images
Jakarta - Sejak selesai ujian tahun kemarin saya selalu lupa apa yang saya pegang 5 menit yang lalu sekalipun. Ini sangat menyiksa apalagi sekarang saya sudah bekerja. Orang-orang tidak pernah percaya kalau saya benar-benar lupa. Mohon dokter bagaimana solusinya?

Risma (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Dear Risma,

Usia Anda masih termasuk usia dewasa muda. Pada usia seperti ini biasanya lupa lebih dikaitkan dengan faktor kurang konsentrasi. Kurang konsentrasi bisa dikaitkan dengan faktor fisik seperti dehidrasi atau kurang cairan, sedang mengalami kelelahan luar biasa atau kurang elektrolit di dalam tubuh.

Biasanya proses istirahat dan rehidrasi bisa membantu kondisi ini. Namun jika kondisi ini berlangsung hampir setiap hari dan banyak mengganggu artinya ada masalah dalam perhatian Anda. Bisa saja ini dikaitkan dengan faktor psikologis dan masalah psikologis tertentu seperti gangguan pemusatan perhatian dan depresi.

Untuk lebih jelasnya harus diperiksa langsung oleh psikiater. Semoga bermanfaat. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net (hrn/up)
News Feed