dr. Andri SpKJ
Konsultasi Jiwa
dr. Andri SpKJ
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera (021)29779999 Twitter: @mbahndi www.psikosomatik.net
Senin, 10 Jul 2017 17:49 WIB

Mengapa Badan Sulit Digerakkan Saat Menangis dan Kelelahan?

Ilustrasi wanita menangis/Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita menangis/Foto: Thinkstock
Jakarta - Dok, kenapa saat saya menangis hebat badan saya akan dingin dan perlahan akan sulit digerakkan seperti membeku. Gejalanya dimulai dari tangan lalu perlahan berjalan ke wajah dan perut, perut saya akan seperti diputar-putar dan menegang. Ini terjadi saat saya menangis hebat dan kelelahan hebat.

Yuni (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Dear Yuni,

Beberapa orang saat menghadapi kondisi emosional yang berat seperti tiba-tiba kaget/shock atau mendapatkan sesuatu kabar yang tidak baik akan membuat respon di tubuhnya. Ada yang responnya hanya respon psikologis seperti merasa cemas, stres atau takut tetapi ada juga yang mengalami respon fisiologis yang berupa gejala fisik.

Biasanya ini dikaitkan dengan respon yang terkait dengan aktivitas sistem saraf otonom di tubuh yang berlebihan, seperti biasanya jantung berdebar, sesak nafas, perut terasa mual, kebas di tangan atau adanya rasa kesemutan, gemetar, sampai perasaan seperti mau pingsan.

Pada beberapa kondisi tertentu hal ini dinamakan gejala serangan panik. Anda perlu belajar relaksasi atau setidaknya melakukan olahraga yang rutin untuk mengatasi hal tersebut. Semoga bermanfaat. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net (hrn/up)
News Feed