dr. Andri SpKJ
Konsultasi Jiwa
dr. Andri SpKJ
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera (021)29779999 Twitter: @mbahndi www.psikosomatik.net
Jumat, 14 Jul 2017 15:15 WIB

Pasangan Suka Menyayat Tangan Saat Bertengkar, Ada Apa?

Ilustrasi pasangan bertengkar/Foto: Thinkstock Ilustrasi pasangan bertengkar/Foto: Thinkstock
Jakarta - Dokter, saya punya pacar, kami sudah berhubungan kurang lebih 4 tahun. Namun pacar saya ini punya kebiasaan yang sangat mengkhawatirkan. Jika kami sedang bertengkar atau cekcok, dia sering mengancam akan menyayat tangannya. Pertama kali saya pikir dia cuma menggertak. Tapi ternyata dia benar-benar melakukannya dan saya lihat sendiri ada bekas lukanya.

Tapi ketika tidak cekcok, kami layaknya pasangan biasa, dan dia tidak pernah bertingkah aneh, ataupun marah. Apakah pacar saya memiliki kelainan jiwa dok? Apa yang saya bisa lakukan untuk membantunya? Karena saya takut jika kami cekcok lagi, dia pernah mengancam akan bunuh diri. Terimakasih.

Indra (Laki-laki, 21 tahun)

Jawaban

Indra yang baik,

Saat ini banyak memang anak muda yang cenderung melukai diri. Ada beberapa di antaranya terjadi saat dia mengalami kekecewaan yang sangat dan ingin mengalihkan rasa kecewa di pikirannya tersebut ke rasa sakit fisiknya saja. Banyak kasus ini terkait dengan kepribadian ambang atau disebut borderline personality disorder.

Biasanya orang yang mengalami masalah kepribadian ambang tidak mampu menahan atau berhadapan dengan penolakan dari orang lain. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa sakit hati yang mendalam dan akhirnya bisa membuat dia merasa sangat tidak nyaman. Akhirnya biasanya dia akan mencoba mencari cara melepaskan rasa sakit hati tersebut dan biasanya yang dia pilih adalah dengan menyakiti diri sendiri seperti menyanyat pergelangan tangan dengan silet atau membenturkan kepala ke tembok.

Kondisi ini bisa diobati dengan terapi. Jika sangat menggangu sebaiknya berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog klinis. Semoga membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net (hrn/ajg)
News Feed