dr. Andri SpKJ
Konsultasi Jiwa
dr. Andri SpKJ
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera (021)29779999 Twitter: @mbahndi www.psikosomatik.net
Senin, 14 Agu 2017 11:34 WIB

Putus Asa dan Ingin Mengakhiri Hidup karena Tak Juga Lulus Kuliah

Ilustrasi putus asa karena tak kunjung lulus kuliah/Foto: thinkstock Ilustrasi putus asa karena tak kunjung lulus kuliah/Foto: thinkstock
Jakarta - Dokter, saya A dan memiliki keluhan karena sudah enam tahun berkuliah namun tak kunjung lulus. Saya merasa putus asa ditambah dengan orang tua yang terus memaksa saya segera menyelesaikan kuliah agar bisa menikah. Saya sering sekali berpikir untuk mengakhiri hidup karena permasalahan ini. Saya nggak mau hidup dengan aturan orang.

A (25 tahun)

Jawaban

A yang baik,

Saya berharap A sendiri memahami mengapa orang tua memaksa A untuk segera menyelesaikan kuliah karena sudah enam tahun menjalani kuliah. Biasanya kuliah sarjana bisa ditempuh dengan waktu 3,5 sampai 4 tahun bukan? Apa yang membuat A seperti ini harus juga diperhatikan. Hal-hal apa saja yang menghambat kuliah A sampai molor cukup lama.

Kondisi seperti ini memang bisa saja menjadi pemicu depresi, gejala-gejala depresi seperti putus asa atau berpikir mengakhiri hidup bisa saja dipicu oleh permasalahan kehidupan salah satunya adalah kuliah. Hidup di dunia ini memang ada aturan serta nilai dan norma dalam masyarakat, kalau hal itu baik memang untuk menjaga kita sebagai makhluk sosial maka tidak menjadi masalah untuk dituruti sebenarnya.

Saran saya coba prioritaskan untuk menyelesaikan masalah satu-satu. Saat ini fokus dulu pada kuliahmu dan bagaimana segera menyelesaikannya. Kalau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk memintanya pada orang-orang yang dianggap mampu bisa membantu termasuk orang tua. Semoga membantu.

Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net (hrn/fds)
News Feed