dr. Andri SpKJ
Konsultasi Jiwa
dr. Andri SpKJ
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera (021)29779999 Twitter: @mbahndi www.psikosomatik.net
Senin, 11 Des 2017 16:15 WIB

Galau karena Tidak Punya Ketertarikan Seksual

Wanita yang galau karena tidak punya ketertarikan seksual/Foto: (Thinkstock) Wanita yang galau karena tidak punya ketertarikan seksual/Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Selamat sore Dok, saya perempuan usia 20 tahun. Kenapa ya Dok saya merasa tidak butuh pria untuk melakukan hubungan seksual dengan saya. Yang saya inginkan hanya sekedar bermain saja bersama lelaki itu. Sepengetahuan saya, seks merupakan kebutuhan dasar manusia. Tetapi, mengapa saya malah tidak tertarik sama sekali ya Dok? Apakah saya memiliki kelainan?

A (Perempuan, 20 tahun)

Jawaban

Dear A,

Seks memang salah satu hal yang sering dikaitkan dengan kebutuhan manusia namun bukan selalu berkaitan dengan kebutuhan utama karena kebutuhan seks sendiri bisa dikendalikan dan bisa ditunda, tidak seperti kebutuhan makan misalnya. Masalah terkait apakah butuh atau tidak butuh seks saat bersama dengan lawan jenis perlu dilihat dalam konteks yang menyeluruh bukan sekedar seks saja tetapi juga berdasarkan pola hubungan yang terjalin.

Jika dalam keluarga misalnya atau pasangan suami istri maka ketidakminatan pada seks atau hubungan suami istri bisa berdampak lebih luas terkait dengan hal lain misalnya mempunyai keturunan atau kelekatan hubungan. Jadi memandang seks bukan seperti hanya kebutuhan yang harus dipenuhi namun lebih kepada konteks hubungan di mana seks itu dibutuhkan.

Semoga membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net (hrn/up)
News Feed