detikhealth

Pijat Refleksi Bisa Tingkatkan Kesuksesan Ibu Menyusui

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 09/12/2011 10:34 WIB
Pijat Refleksi Bisa Tingkatkan Kesuksesan Ibu Menyusui(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Pijat refleksiologi diketahui bisa membuat seseorang menjadi nyaman dan bermanfaat bagi tubuh. Ternyata refleksiologi ini juga berguna bagi ibu yang sedang menyusui.

Meski data ilmiah mengenai refleksiologi masih kurang, tapi ada beberapa bukti yang menunjukkan refleksiologi seperti pijat dan relaksasi bisa membantu meningkatkan laktasi pada ibu menyusui.

Refleksiologi adalah metode penyembuhan alami yang menggunakan tekanan, sentuhan atau pijatan di titik-titik lokasi tertentu di tangan, kaki atau telinga yang bertujuan meningkatkan kesehatan.

Sebuah cabang khusus refleksi yang dikenal dengan maternity reflexology berperan dalam membantu perempuan untuk hamil dan bersalin, serta menghindari kekhawatiran atau stres setelah melahirkan.

Refleksiologis Rachel Kelly menuturkan refleksiologi membantu mengurangi racun dalam tubuh, meningkatkan keseimbangan hormon serta mendukung keberhasilan menyusui, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (9/12/2011).

Kelly juga menuturkan hal ini bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan selama hamil, mempersingkat waktu persalinan yang bisa menurunkan risiko terkena depresi setelah melahirkan.

Studi yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Nursing and Midwifery tahun 2000 menemukan refleksi bisa menjadi alat yang efektif untuk membat ibu jadi santai dengan memelihara tubuh, pikiran dan jiwa sehingga mampu meningkatkan dan mempertahankan laktasi.

Studi ini juga menemukan volume air susu ibu (ASI) meningkat sebesar 88 persen pada ibu menyusui yang menerima terapi refleksiologi sebanyak 10 kali.

Menurut ilmu refleksiologi, titik yang sesuai dengan payudara terletak di telapak kaki dan ujung kaki. Namun sebaiknya ibu yang menyusui melakukan refleksi ini pada ahlinya supaya mendapatkan manfaat yang maksimal.


(ver/ir)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close