detikhealth

Badan Pendek dan Kurus, Bagaimana Agar Ideal?

Irna Gustia - detikHealth
Jumat, 27/07/2012 16:12 WIB
Badan Pendek dan Kurus, Bagaimana Agar Ideal?Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Saya punya 2 permasalahan seputar berat dan tinggi badan. Pertama, saya merasa kurus padahal makan saya banyak dan teratur, tidur cukup, olahraga rutin, dan minum vitamin.

Kedua, tinggi badan saya bisa dibilang pendek padahal saya rutin olahraga renang dari kecil yang katanya bisa merangsang tinggi badan. Saya juga minum susu. Apakah ada solusi untuk kedua masalah saya tersebut? Terimakasih.

Reqy (Pria Lajang, 20 Tahun), rtraXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 48 Kg

Jawaban

Terimakasih atas pertanyaannya. Untuk masalah berat badan, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi, seperti tingkat aktivitas, asupan makanan, kecukupan istirahat dan beberapa hal yang lain.

Sebelum kita membahas satu per satu, ada baiknya kita memahami bahwa kenaikan berat badan yang kita semua harapkan berasal dari kenaikan otot, bukan lemak.

Secara objektif, kita bisa melihat komponen berat badan ke dalam 5 elemen yakni: air, tulang, organ, lemak dan otot. Dari kelima elemen tersebut, air, tulang dan organ akan kita jaga untuk tetap stabil. Sementara yang tersisa hanyalah lemak dan otot.

Dan secara objektif melalui logika ilmiah, kenaikan berat lemak tidaklah ideal karena kadar lemak tinggi telah diasosiasikan dengan penyakit-penyakit degeneratif yang menurunkan kualitas dan usia harapan hidup, seperti: stroke, jantung, diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, tinggi kolesterol.

Melalui analisis ini, kita semua akhirnya meyetujui bahwa satu-satunya elemen berat badan tubuh yang kita ingin tingkatkan dalam kontribusinya ke berat badan (penampilan) dan kesehatan adalah otot.

Setelah memahami konsep ini, barulah kita bahas bagaimana caranya untuk menjaga atau menaikkan berat badan secara sehat:

1. Lakukan aktivitas latihan beban, karena latihan beban merupakan rangsangan yang paling tepat untuk pertumbuhan otot.

2. Makanlah tepat waktu, jangan skip makan, dan berikan nutrisi lengkap seimbang. Porsi sedikit tapi sering dengan pilihan tepat JAUH LEBIH BAIK daripada porsi banyak tapi jarang dengan pilihan makanan yang keliru.

3. Istirahatlah yang cukup. Tidur 7 jam menjadi standar yang bisa dicoba terapkan dengan kualitas yang baik.

4. Apabila merokok, segera hentikan. Berhenti merokok tidak sesulit yang kita kira. Manfaatkan momentum bulan puasa untuk berhenti merokok.

Ade Rai
Adalah atlet binaraga yang memiliki prestasi sangat baik di pecaturan nasional dan internasional. Lulusan FISIP Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional tahun 1995 ini, sekarang aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui fitnes. Ade juga mendirikan RAI Institute dan 11 gerai Klub Ade Rai.


(ir/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit