detikhealth

Ulasan Khas Misteri Mati Suri

Perubahan yang Dialami Orang Setelah Mati Suri

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 01/08/2012 15:17 WIB
Perubahan yang Dialami Orang Setelah Mati Suriilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Mati suri yang dialami oleh seseorang tidak hanya menjadi pengalaman spiritual bagi dirinya, karena tak jarang ada perubahan yang terjadi setelah itu. Apa saja perubahan yang dialami orang setelah mati suri?

"Di dalam folder otak ada yang baik-baik, dan memori ini aktif saat tidak sadar itu ketika orang mengalami mati suri, sehingga ia akan mengalami perubahan terutama pada perilaku dan personality," ujar psikolog Efnie Indrianie, MPsi saat dihubungi detikHealth, dan ditulis Rabu (1/8/2012).

Sementara itu dilansir dari buku Mati Suri karangan Rubiana Soeboer menjelaskan pengalaman mati suri menimbulkan efek yang signifikan pada orang yang mengalaminya.

Efek tersebut meliputi perubahan psikologis, fisiologis, dan perkembangan spiritual. Terkadang ada juga yang memiliki kemampuan psikis seperti menyembuhkan, dapat membaca pikiran orang lain atau kemampuan melihat ke depan.

Berikut ini beberapa perubahan yang bisa dialami oleh seseorang setelah ia mengalami mati suri, yaitu:

Perubahan psikologis
1. Lebih bisa menerima diri sendiri
2. Peduli pada orang lain dan semua bentuk kehidupan
3. Anti materialisme
4. Anti kompetisi
5. Menjadi lebih spiritual
6. Memiliki rasa ingin tahu yang luar biasa akan ilmu pengetahuan
7. Merasakan bahwa hidup ini bermakna
8. Kematian bukan sesuatu yang menakutkan
9. Percaya akan reinkarnasi serta percaya akan Tuhan.

Pada saat yang sama ia juga akan tertantang untuk memulai dan memelihara hubungan yang memuaskan, meyakini adanya suatu tujuan hidup, terbebas dari batasan dan normal, karismatik, memiliki kekaguman dan kenaifan kanak-kanak, mampu berjarak dan objektif.

Perubahan fisiologis

1. Jadi super sensitif terhadap perubahan cahaya, suara, kelembaban dan berbagai stimulus atau kondisi lingkungan lainnya.

2. Jadi sensitif terhadap rasa dan bau, alergi terhadap obat tertentu dan alkohol, sensitif terhadap listrik misalnya arloji yang digunakan jadi mati.

3. Mengalami penurunan suhu tubuh, tekanan darah dan metabolisme tubuh.

4. Perubahan energi
Kondisi ini bisa menimbulkan sensasi panas atau dingin. Perubahan energi terjadi saat subjek memiliki kemampuan menyembuhkan melalui tangannya atau disebut sebagai 'tangan yang panas' akibat adanya energi yang mengalir.

4. Perubahan otak dan saraf
Lebih dari 50 persen orang yang mengalami mati suri mengalami perubahan fungsi saraf. Secara fisiologis jalur saraf mengalami revitalisasi yang selanjutnya berpengaruh pada tingkat kesadaran seseorang. Dan otak secara fisik juga berubah.

5. Memiliki rasa ingin tahu yang luar biasa, mengalami peningkatan kecerdasan, lebih kreatif dan inventif, mengalami sinestesia (multiple sensing), menjadi vegetarian dan tampak lebih muda.

Perubahan spiritual

1. Para peneliti mati suri sepakat bahwa pengalaman mati suri membuat seseorang mengalami pertumbuhan dan perkembangan spiritual.

2. Meyakini adanya Tuhan sebagai sumber kasih tanpa syarat pada manusia.


(ver/ir)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit