detikhealth

Tidak PD Foto Bersama Karena Lengan Besar, Bisakah Dikecilkan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 08/11/2012 15:47 WIB
Tidak PD Foto Bersama Karena Lengan Besar, Bisakah Dikecilkan?Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Saya punya permasalahan seputar berat badan dan tinggi badan yang membuat saya kurang PD, terutama di pada saat foto bersama. Cara apa yang bisa mengidealkan tubuh saya, terutama agar lengan saya tidak terlihat besar?

Karnia (Perempuan Menikah, 21 Tahun), karniaXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 153 Cm dan Berat Badan 63 Kg

Jawaban:

Hai Karnia,

Agar lengan tidak membesar, berarti tumpukan lemak di sana harus dibakar. Namun bukan berarti kita harus melatih bagian lengan saja.

Tuhan menciptakan manusia dengan keragaman kantong lemak yang berbeda di setiap bagian tubuhnya. Tetapi kita diberikan sistem metabolisme yang sama untuk dipatuhi, yaitu apabila kita berolahraga, maka metabolisme yang meningkat adalah pada seluruh tubuh. Jadi apabila metabolisme atau pembakaran kalori tubuh kita meningkat ke level di mana ia membakar lemak, maka kita tidak bisa mengendalikan lemak mana yang terbakar terlebih dahulu.

Ini adalah kondisi yang fair (adil), karena saat menumpuk lemak kita juga tidak pernah punya kendali mana yang menumpuk terlebih dahulu. Hanya saja di kantong lemak yang paling besar biasanya mengalami proses pengecilan yang terkesan paling lama.

Jadi jawaban untuk Karnia adalah untuk melakukan aktivitas fitnes (olahraga, nutrisi, istirahat teratur). Mulailah berbenah dalam pengaturan waktu dan pasti akan didapatkan waktu luang untuk berolahraga. Sadari bahwa sehubungan dengan hidup sehat dan mendapatkan bentuk badan baru, sangat tidak mungkin untuk terus menerus mengulang kebiasaan-kebiasaan lama.

Diperlukan adopsi kebiasaan-kebiasaan baru yang semakin mendekatkan Karnia ke bentuk tubuh impian, sambil pada saat yang sama melepaskan kebiasaan-kebiasaan lama yang menjauhkan Karnia dari bentuk tubuh impian. Hindari keinginan untuk mencari alasan atau mencari kesalahan pada diri orang lain.

Ambil tanggung jawab untuk membenahi apa yang membuat Karnia tidak senang atau puas. Karena pada akhirnya kita semua sadar, tidak ada yang menghalangi kita untuk berolahraga dan tidak ada yang memaksakan kita untuk makan sampai ke kondisi yang kurang menyenangkan hari ini.

Coba ikuti beberapa perubahan yang disarankan di sini, dan sesuaikan dengan kondisi hidup Karnia saat ini.

Kebiasaan baru yang diadopsi:

- Berolahraga 3x seminggu masin-masing 30 menit
- Tidur lebih awal untuk cukupi tidur
- Perbanyak konsumsi sayur tiap kali makan
- Kurangi konsumsi nasi tiap kali makan
- Minum air atau minuman tawar

Kebiasaan lama yang ditinggalkan:

(silakan isi sendiri)

Ade Rai
Adalah atlet binaraga yang memiliki prestasi sangat baik di pecaturan nasional dan internasional. Lulusan FISIP Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional tahun 1995 ini, sekarang aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui fitnes. Ade juga mendirikan RAI Institute dan 11 gerai Klub Ade Rai.


(up/nvt)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit