detikhealth

Yuk! Contek 4 Gaya Jokowi Agar Tetap Bugar Meski Sibuk Kerja

Nurvita Indarini - detikHealth
Jumat, 23/11/2012 16:32 WIB
Yuk! Contek 4 Gaya Jokowi Agar Tetap Bugar Meski Sibuk Kerja
Jakarta, Hampir setiap hari Gubernur DKI Jakarta Jokowi belusukan ke sejumlah sudut Ibukota. Meski badannya kurus, namun Jokowi tetap terlihat bugar bersemangat. Yuk contek gaya Jokowi agar selalu bugar meski sibuk bekerja sejak pagi hingga malam.

1. Minum Temulawak & Kacang Hijau Tumbuk

Jokowi mengaku jarang sarapan dengan makanan berat. Akan tetapi setiap pagi dia minum ramuan khusus yang diracik oleh istri tercintanya. Ramuan itu adalah kacang hijau tumbuk yang diberi seduhan temulawak dan madu. Sudah 14 tahun ramuan itu selalu diminumnya setiap pagi.

Temulawak adalah tanaman yang bermanfaat untuk menurunkan panas, merangsang nafsu makan, mengatasi maag, perut kembung dan pegal-pegal. Tak heran temulawak banyak digunakan sebagai bahan jamu, bahkan dibuat bir temulawak.

Kacang hijau juga merupakan makanan yang kaya manfaat. Sebab kacang hijau mengandung fosfor dan kalium yang cukup banyak sehingga baik untuk tulang. Selain itu kacang hijau juga bisa menstabilkan asam lambung dan menurunkan demam.

Sedangkan madu bisa menjadi sumber energi dan pemulih energi. Konon madu juga seefektif glukosa pengganti karbohidrat selama pemanasan dan bermanfaat sebagai antibiotik.

2. Tidak Melewatkan Makan

Sesibuk apapun, Jokowi berupaya untuk tidak melewatkan makan. Sebab dari mana lagi energi berasal kalau bukan dari makanan. Dengan tidak melewatkan jam makan, Jokowi juga juga terhindar dari dari sakit maag.

Sepertinya Jokowi tahu benar manfaat pola makan teratur. Sebab pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan ketidakseimbangan gizi.

Pada saat sarapan, Jokowi memang jarang sekali makan makanan berat. Dia lebih memilih makanan yang lebih ringan namun mengenyangkan seperti roti dan buah.

3. Makan Tempe

Setiap kali makan, di piring Jokowi hampir selalu terdapat tempe. Bahkan saat belusukan ke pasar dalam rangka kampanye pilgub DKI beberapa waktu lalu di Pasar Jongkok di kawasan Semper, Jakarta Utara, Jokowi juga menyempatkan membeli tempe.

Kendati sederhana, sekarang tempe sudah mendunia. Sebab kaum vegan di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging.

Tempe memiliki kandungan untuk melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, dan kanker. Tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lainnya.

Tak hanya itu, tempe juga merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial. Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon yang bermanfaat menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.

Protein, lemak, dan karbohidrat dalam tempe tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai yang merupakan bahan dasar pembuatnya.

4. Jogging


Jokowi juga hobi berolahraga agar staminanya selalu prima. Dia rupanya menggemari olahraga yang murah meriah seperti jogging dan bersepeda.

Jokowi mengaku jogging seminggu tiga kali. "Olahraga sepeda juga seminggu 3 kali. Tapi sepeda saya belum sampai di Jakarta. Jadi belum bisa pakai sepeda," kata Jokowi, usai membuka turnamen catur cepat antar penggali kubur dari seluruh TPU di Jakarta, di Wisma Catur F Sumantri KONI DKI Jakarta di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (2/11) lalu.

Karena termasuk olah raga kardiovaskular, maka jogging sangat baik untuk membakar lemak. Tak hanya itu, jogging juga bermanfaat untuk memberi ketahanan stamina agar tidak mudah lelah dan tidak mudah sakit. Pengeroposan tulang pun terhindarkan karena jogging bisa membuat tulang semakin padat. Manfaat lainnya adalah kemampuan jantung memompa darah ke seluruh tubuh pun semakin baik.

(vit/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit